Resep Masakan Rumahan yang Wajib Dicoba

Samcan cabe garam

1/2 kg samcan buang kulit potong potong samcannya
5 siung bawang putih cincang kasar
3 bh bawang merah cincang kasar
Segemgam cabe rawit + 3 bh cabe merah keriting iris iris

1.1/2 sdt kaldu jamur
2 sdm saos tiram
1 sdm kecap ikan Thai
Lada

Panaskan wajan anti lengket masukan samcannya aduk aduk sampai keluar minyak terus aduk sampai kecoklatan buang setengah minyaknya baru masukan duo bawang aduk sampai wangi masukan cabe dan bumbu bumbu lainnya aduk rata angkat, siap di hidangkan.

Bubur ikan kakap

1/2 kg kakap putih ambil daging nya iris2, tulangnya buat kaldu
1.1/2 piring nasi putih
Untuk tiga orang
Jahe secukupnya iris tipis
Daun ketumbar secukupnya
Daun bawang
Minyak bawang putih
Minyak wijen

Tuang air kira2 1.1/2 liter masukan tulang ikan, jahe, lada didihkan buat kaldu, setelah itu saring air nya.
Didihkan lagi masukan nasi masak sampai nasi agak lunak masukan irisan jahe, kaldu jamur, garam, lada baru masukan irisan ikan kakap jangan di aduk2,angkat tuang ke mangkok kasih minyak wijen, minyak bawang putih, daun bawang, daun ketumbar.
Toping toping nya bebas ya
Makannya aku pake sambel joss

Pastel goreng

Jadi 14 buah pastel

250 gr tepung terigu
1 sdm Blue band
100 ml air hangat
1/2 sdt garam
1 butir telur

Masukan Blue band ke air hangat aduk rata biar Blue band mencair
Kocok lepas telur
Campurkan bahan basah ke bahan kering aduk rata ulenin sampai kalis.
Timbang 30 gr bulatkan gilas tipis tapi jangan terlalu tipis bisa sobek, isi dan pelintir sampai habis goreng dengan api sedang.

Sambel kacang
Segemgam kacang tanah goreng , kupas kulit
Beberapa cabe keriting + cabe rawit merah ( menurut selera ya )
5 siung bawang putih
Cuka
Gula
Garam
Air panas secukupnya
Blender semua bahan tuang air panas kekentalan nya menurut selera aja
Rasanya nano nano ya saya suka pedas asem

Selamat mencoba resep makanan yang mudah dan dijamin keluarga anda pasti suka. Bahan yang digunakan juga mudah dan sederhana ya.

Kuliner Khas Bangka yang Difavoritkan Banyak Orang

Sapo terong daging

3 bh terong cuci bersih potong serong goreng tiriskan
1 ons daging kapsim cincang ( bisa ganti daging ayam )

3 siung bawang putih cincang
3 bawang merah cincang
6 cabe rawit merah iris
Daun bawang kecil secukupnya saja

Secukupnya saos tiram
Secukupnya kecap manis
Secukupnya soy sauce
Sedikit minyak wijen
Gula
Kaldu jamur
Lada
Garam ( bila perlu )

Air secukupnya
2 sdm sagu larutkan dengan sedikit air

Tumis duo bawang sampai wangi masukan daging aduk sampai daging benar benar berubah warna dan kering masukan saos tiram aduk rata masuka kan air, soy sauce,kecap manis, gula, kaldu jamur, lada, minyak wijen masak sampai daging empuk masukan larutan air sagu tes rasa gurih, manis nya dapat baru masukan terong dan irisan cabe rawit aduk rata taburin daun bawang angkat.

Udang pete

20 ekor udang besar
2 papan pete
3 lembar daun jeruk buang tulang tengahnya
1 ruas Laos keprek
2 sdm kental air asam Jawa

Bumbu halus:
7 bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 bh tomat merah
15 bh cabe merah keriting
1/2 sdt terasi Bangka

Penyedap rasa:
1 sdt gula
1/2 sdt garam
2 sdt kaldu jamur
Lada

Tumis bumbu halus bersama daun jeruk , Laos sampai wangi masukkan udang aduk aduk sampai udang setengah matang masukkan air asam , penyedap rasa ,pete,tes rasa masak sampai airnya menyusut dan kering angkat ,kalau yg suka berair tambahkan air secukupnya menurut selera ya.

Lempah darat

6 bh jagung muda potong – potong
2 bh timun buang biji potong – potong
2 bh terong potong – potong
Secukupnya pepaya mengkel
Daun katuk secukupnya
Kemplang secukupnya
( kerupuk mentah )
1 ltr air ato lebih

Isian menurut selera ya bisa kacang panjang, keladi, sy gak punya

Bumbu halus
Segemgam cabe keriting + rawit merah
5 bawang merah
3 bawang putih
1 sdm terasi

Kaldu jamur
Garam

Rendam kemplang beberapa menit tiriskan
Air + bumbu halus dan kemplang didihkan, masukan kaldu jamur, garam, jagung muda, terong sampai matang baru masukan timun, pepaya dan daun katuk tes rasa matikan api

Menu Hari Ini Di Rumah Anda dan Sangat Sederhana

Tim ikan belanak

2 ekor ikan belanak
2 ruas jahe iris2, sebagian jahe digoreng sisihkan
2 siung bawang putih cincang
Daun wansui
Rawit utuh

Kaldu jamur
Garam
Gula dikit
Kecap asin
Minyak wijen
Arak masak
Lada

Campur sebagian bawang putih dan sebagian jahe dan penyedap.Kukus selama 20 menit, setelah matang taruh sebagian bawang putih diatas ikan siram minyak panas baru masukan jahe yg sudah digoreng dan wansui.
Siap dihidangkan.

Sup tahu air

1 kotak tahu sutra
2 siung bawang putih
1/2 tomat
Daun bawang
Daun seledri
Kaldu jamur
Garam
Lada
500 ml air

Di mangkok
2 sdm udang cincang kasar
2 sdm daging cincang
1 sdm sagu
1 sdm minyak wijen
1/2 sdm saos tiram
Kecap asin
1/2 sdt kaldu jamur
Lada
Campur semua bahan jadi satu

Tumis bawang putih sampai wangi masukan air, lada ,kaldu jamur, garam setelah mendidih masukan daging bulatkan dengan 2 sendok sampai habis baru masuk tahu air dan tomat masak sampai matang baru masukan daun bawang dan daun seledri.
Siap dihidangkan.

Bakso goreng

200 gr udang setengah beku cincang kasar
100 gr daging kapsim setengah beku cincang
1 sdm bakyupok cincang
1 sdm minyak wijen
2 sdm minyak b2
2 butir telur
150 gr tepung sagu
1 sdt gula
2 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
1 sdt baking powder
Lada
3 siung bawang merah haluskan
3 siung bawang putih haluskan

Campur semua bahan kecuali baking powder dan t.sagu seperti di video
Udah rata baru masukan baking powder dan sagu aduk rata seadanya jangan lama2 di aduk ya.
Panaskan minyak, bulatkan dengan bantuan 2 sendok goreng dengan api besar setelah mekar kecilkan api goreng dengan sabar ya biar kokoh baksonya baru angkat.

Nasi liwet rice cooker

1.1/2 cup beras cuci bersih tiriskan masukan ke dalam rice cooker

5 siung bawang merah iris
3 siung bawang putih iris
2 batang serei keprek
1 ruas lengkuas keprek
5 lembar daun jeruk
5 lembar daun salam
2 lembar daun pandan
2 sdt kaldu jamur
Sedikit garam
Pete
Rawit utuh
2 sdm ikan teri Medan goreng
Air secukupnya

Tumis duo bawang , daun jeruk, daun salam , serei, Laos sampai wangi masukan ke dalam rice cooker minyaknya jangan masukkin ya, kasih kaldu jamur dan ikan teri Medan aduk rata pencet tombolnya tinggal tunggu Mateng aduk2.
Mau makan baru kasih pete dan rawit goreng tak ketinggalan tambahin cumi asin joss.

Penemuan Terbaru di Dunia Kuliner Pengganti Santan

Bikin cemilan yuk! Entah kenapa kali ini bikin permukaannya kurang mulus. Tapi gak papa sing penting rasane maknyuzzzz. Cocolannya aku pakai cuko merah terasi.

PEMPEK ADAAN

250gr daging ikan tenggiri (pilih tenggiri gepeng ukuran sedang)
150ml air es
170gr tepung sagu
3 bawang merah iris halus
1sdt garam
2 sdt penyedap jamur
1/2 sdt lada bubuk
2 sdm fiber creme sebagai penganti santan, rasanya lebih enak dan sehat.

Cara :
Campurkan daging ikan dengan fiber creme dan air, tuang airnya sedikit2 sambil di uleni.
Tambahkan lada bubuk, bawang merah, dan penyedap jamur aduk rata.
Tambahkan garam.
Aduk cepat dengan tangan hingga adonan ikan terlihat kenyal dan mengikat.
Terakhir tambahkan tepung sagu, aduk rata perlahan. jgn di ulenin
Bentuk pempek adaan bulat2 dengan tangan seperti membuat bakso, lalu goreng dengan api sedang hingga matang.

Bahan cuko merah terasi.
1 ons cabe merah keriting
7 butir bawang putih
250 ml air
55ml air jeruk sonkit
90gr gula pasir
1sdt garam
1,5 sdm terasi sangrai

Cara:
Blender cabe, bawang putih, terasi dengan air sampai halus.
Lalu tuang di panci, masak dengan api kecil.
Tambahkan gula, garam, air jeruk.
Jika sdh mendidih matikan api.
hasil cukonya agak kental ya, jika suka yg encer, bisa tambahkan air dan sesuaikan rasanya.

Ikan Kakap

Bahan utama :
1 ekor kakap merah potong jadi 3bagian cuci bersih, lumuri dengan kecap ikan, lalu goreng (jangan sampai kering)
Bumbu :
40 gr jahe muda iris seperti korek api.
5 buah bawang merah iris
5 buah bawang putih iris
1 buah cabe merah iris
1buah cabe hijau iris
3sdm kecap manis
1sdt penyedap jamur
Supaya lebih gurih dan creamy aku tambahkan 1,5 sdm fiber creme
250ml air.

Cara :
Tumis jahe hingga 1/2 kuning
Masukan bawang merah dan bawang putih.
Masukan cabe merah dan hijau
Tumis hingga harum,
Tambahkan air, kecap manis penyedap dan fiber creme
Masukan ikan, masak hingga meresap koreksi rasa lalu angkat.

Masak dan Baking Dirumah Bisa Banget dengan Resep Ini

DADA GORENG

Pagi manteman, pagi ini mamak goreng dada ayam bikinnya gampang rasanya endul dul, serumah suka

Bahan :
500gr dada ayam iris kotak2
3 bawang merah rajang halus
4 bawang putih rajang halus
1sdm ketumbar bubuk
1/2 sdt lada bubuk
1sdm saos tiram
1 sdm kecap inggris
1sdm gula merah bubuk
Garam secukupnya
2sdm flat tepung beras.
Campur semua bahan jadi satu aduk rata diamkan 20menit.
Goreng dgn minyak panas lalu tiriskan.

ENDUL
Pagi semuanya, suasana liburan meresahkan ya bun ?
Pengen jalan2 tapi takut sama bang kopit.

Ayam giling dibumbuhi di bungkus paper rice

350gr ayam giling (paha+dada)
1 bungkus kaldu ayam bubuk. Aku pakek merk indofood ayam kampung.
1/2 sdt lada bubuk
2 bawang putih halus
2 bawang merah halus
2 sdt minyak wijen
1,5 sdm sagu
1 sdm terigu
1/2 batang wortel rajang halus
2 batang daun seledri.
Paper rice secukupnya.

Campur semua bahan, ambil sedikit adonan lalu bungkus dgn paper rice.
Paper rice di basahi dulu ya dengan air hangat.
Olesin Piring dgn minyak, susun lumpia di piring lalu kukus 15 menit.
Goreng lumpia sampai kecoklatan lalu angkat.

Jadi ini motif sebenernya salah harusnya garis di mulai dr sudut

Jadi bun, mamak sayang banget sama duo pinki oxone online ini gesit handal.
Oven kue cepet banget matengnya dan merata.
Mixer nya jg kocokan maut bikin kue anti gagal.

Resep bolu gulung.
Bahan I :
65 gr terigu
10 gr maizena
15 gr susu bubuk.
Campur jd satu lalu ayak.

Bahan II :
6 kuning telur
2 telur utuh.
(Jadi total telurnya 8 ya.)
100gr gula halus
1sdt penuh SP
90gr butter cair lb bagus butternya di kocok smp lembut.
1sdt Vanili cair

Campur bahan I & II jadi satu kecuali butter.
Mixer dgn kecepatan tinggi smp ngembang berjejak.
Matikan mixer.
Tuang butter sedikit2 sambil aduk balik.
Tuang adonan di loyang. Sisakan sedikit kasih pasta coklat utk motif.

Oven sesuai oven masing2 brp lama ya.
Kalau sy 150° api atas bawah hanya 35 menit mateng.

Cara Mengolah Daging Kambing Agar Lezat dan Sedap

Banyak sekali kreasi masakan baru yang dapat dicoba untuk anda sajikan di meja makan anda. Nah, dengan resep dibawah ini kamu bisa masak olahan makanan yang lezat loh.

Masakan tadi siang ya. Ada sedikit iga kambing di kulkas mau masak kok malas banget. Suami tau malah request. Dikulkas kebetulan ada sedikit kol dan tomat merah saya masak tongseng saja.

Anak ngikut bapaknya masakannya karena seleranya sama. Kalau saya pingin jangan bayam bening sama goreng tempe kok seger ringan rasanya.

TONGSENG IGA KAMBING

Bahan :
. 400gr Iga kambing(kurleb)
. 1500ml air putih
. 65ml santan kara
. 1 tomat merah
. Kol secukupnya
. 5 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
. 5 baput
. 8 bamer
. 3 kemiri, sangrai
. 1/2 sdt jinten, sangrai
. 1 sdt ketumbar, sangrai
. 1 sdt merica
. 1 telunjuk kunyit, bakar
. Sejempol jahe
. 1/4 pala sedang
. 1 cabe merah keriting

Bumbu cemplung :
. 2 bamer, iris
. 4 daun jeruk, buang tulangnya
. 1daun kunyit, sobek
. 3 daun salam
. Seruas laos, geprek
. Garam sesuai selera
. 5 sdm kecap manis
. 2 serai, geprek
. 1 bj asam kandis
. 3 cengkeh
. 4 kapulaga
. 1 sdm gulpas
. Kaldu bubuk sapi

Cara :
. Buang air rebusan iga pertama
. Presto iga selama 25 menit setelah presto berbunyi. Sisihkan
. Tumis bumbu halus sampai matang. Beri 100ml kaldu iga. Biarkan sampai air menyusut. Sisihkan
. Didihkan kaldu iga, masukkan bumbu tumis, bumbu cemplung kecuali kecap & bawang merah
. Masak dg api sedang biarkan beberapa saat. Tuang santan, kecap, bawang merah iris
. Aduk perlahan masukkan kol & tomat
. Tunggu sampai kol matang, tes rasa
Sajikan

BAKMI GORENG

. Bahan :
. 1 bngks mie burung dara
. 1 btr telur
. 2 psg ati ampela(rebus dg dn salam)
. 30ml air pth

. Sayuran :
. Kol
. 2 ikat sawi ijo
. 1btg daun bwg
. 1btg sledri

. Bumbu uleg :
. 4 baput
. 2 kemiri sangrai
. Merica
. Garam

. Bumbu tambahan :
. 2sdm kcp asin
. 3sdm kcp ikan
. Kecap manis . Kaldu jamur
. Gulpas

. Cara :
. Ikuti cara merebus mie sesuai aturan dibungkusnya
. Orak orik telur sisihkan, tumis bumbu uleg sampai harum, masukkan ati gongseng sebentar
. Masukkan sayuran, air, bumbu tambahan, tutup sebentar
. Jadikan api sedang masukkan mie
. Koreksi rasa, sajikan

Kumpulan Resep Simple dan Mudah

Jika sedang terburu – buru, mungkin anda bisa memanfaatkan beberapa resep di bawah ini untuk di masak. Nah, bahan yang digunakan juga sangat mudah loh sehingga kamu tidak perlu repot dan kesulitan mencari bahan masakan. Ini dia beberapa resep mudah dan enak yang bisa di masak dalam waktu singkat.

SOTO DAGING SAPI

Bahan:
350 gram daging sapi, iris
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 batang serai, geprek
2 ruas lengkuas, geprek
1 batang daun bawang, iris
Garam, gula, merica bubuk secukupnya
Air secukupnya

Bumbu halus:
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri
1/2 sdt jinten
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
1 sdm ketumbar

Pelengkap:
Kol
Jeruk nipis
Sambal
Kerupuk udang
Bawang goreng untuk taburan

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai matang, lalu beri air.
2. Setelah mendidih, masukkan daging, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, daun bawang, garam, gula dan merica bubuk, aduk. Masak sampai matang.

AYAM BAWANG PUTIH

1 ekor ayam
Haluskan sebonggol bawang putih, 1 ruas kunyit dan garam, lalu lumurkan ke ayam. Diamkan di kulkas selama 1-2 jam.
Geprek 3-4 bonggol bawang putih dengan kulitnya. Siapkan api kecil, lalu goreng ayam dan bawang putih geprek, masak selama 1-jam.
Gorengnya dengan minyak sedikit saja dan gunakan wajan yang permukaannya datar. Bumbu meresap dan ayam empuk.

PASTEL
.
Bahan kulit:
250 gr tepung terigu
100 ml air (hangat suam kuku)
50 gr margarin (lelehkan)
Garam

Cara membuat:
Campurkan semua bahan, uleni sampai rata. Timbang masing-masing 30 gr lalu sisihkan.

Bahan isi:
3 buah wortel, potong kecil-kecil
1 buah dada ayam, cincang
2 batang daun bawang, iris
Garam, gula, merica bubuk
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Haluskan bawang merah dan bawang putih, lalu tumis sampai matang, masukkan ayam, aduk. Boleh beri sedikit air untuk mematangkan ayam.
2. Masukkan wortel, garam, gula dan merica bubuk, aduk. Terakhir masukkan daun bawang, aduk lalu angkat.

Penyelesaian:
1. Ambil adonan kulit, pipihkan. Beri bahan isi, lipat lalu pilin pinggirnya agar isi tidak keluar.
2. Goreng sampai matang.