Perjalanan Ke Museum Macan Karya Yayoi Kusama

Museum Macan adalah salah satu museum yang sering sekali dikunjungi karena menyimpan karya – karya yang luar biasa. Kali ini kita akan menyimak perjalanan Ashari Yudha yang pergi ke Museum Macan dan bercerita tentang karya seni yang ditemukannya.

Dari kemaren pengen ngajak doi ke Museum Macan biar liat langsung karya-karyanya Yayoi Kusama, eh tapi belum sempet juga karena doi sibuk terbang dan saya tergelepar sakit untungnya, kemaren sempat mampir ke Matsumoto Museum of Art, tempat dimana Yayoi Kusama dilahirkan.

Saya pribadi emang penasaran dengan karyanya Ibuk Yayoi ini, karena kata temen-temen yang demen sama seni kontemporer begini, karyanya itu luar biasa. Dan bukan hanya karyanya aja, perjalanan hidupnya menurut saya justru jauh luar biasa hebat.

Di masa kecilnya, Ibuk Yayoi ini bisa melihat hal-hal yang kita nggak bisa liat. Nah, diantara banyak hal tersebut, ada satu hal yang sangat menganggunya, yaitu bayangan akan bentuk lingkaran atau polkadot. Untuk mengatasi rasa takutnya, ia mencoba mengekspresikan jiwa seninya via lukisan dengan menggambar secara terang-terangan dengan tema polkadot. Sudah pasti, melakukan suatu hal yang kita takuti itu nggak enak, tapi Yayoi Sensei tetap berani melawan rasa tidak nyamannya tersebut. Selain itu, hidupnya semenjak kecil juga sulit sekali, mulai tak ada yang mendukung dan sebagai artist, hingga ia pindah ke Amerika dan memulai hidupnya sendiri, hingga akhirnya ia kembali ke Jepang dan menjadi seorang inspirator yang sangat menginspirasi banyak artist di bidang seni kontemporer.

Banyak banget karyanya yang bisa dibilang nyeleneh juga tapi tetap punya artinya masing-masing. Dari mulai lukisan yang seram, hingga karya patungnya yang rata-rata dibentuk seperti penis manusia dilengkapi dengan polkadot. Jadi kadang nalar kita juga dipakai untuk menangkap maksud dari Ibu Yayoi, meskipun ya nggak perlu semua diartiin juga. Oh iya, karya-karya lainnya seperti infinity mirror dan lain-lain juga ada disini, sayangnya nggak bisa di foto. Jadi yang bisa di foto hanya di ruang ini aja.