KLAGENFURT, Austria – Pelatih Bayern Munich Niko Kovac memuji penampilan Renato Sanches dalam kemenangan juara Jerman 3-1 atas Paris Saint-Germain, mengklaim bahwa ajaib Portugis adalah “unfreezing” di bawah asuhannya.

Bos Bayern tahun pertama Kovac mengatakan ada tanda-tanda pasti Sanches bermain dengan lebih bebas sejak ia mengambil alih pada Juli dari Jupp Heynckes yang pensiun.

“Saya senang untuk Renato yang tidak memiliki waktu yang mudah di sini di Munich,” katanya. “Tapi saya melihat langsung pada hari pertama saya, dia memiliki bahasa tubuh yang hebat. Dia pemain berkualitas dan saya melihat dia tidak mengenakan sedikit,” katanya pada konferensi pers pasca pertandingan.

Timothy internasional AS Weah menempatkan tim Thomas Tuchel di depan tepat setelah tanda setengah jam, tetapi gol dari Javi Martinez, Sanches dan Joshua Zirkzee melengkapi perlawanan Bayern dan Kovac memuji pemain internasional Portugal itu setelah pertandingan.

“Jika dia memiliki kepercayaan diri yang diperlukan, dia tahu apa yang mampu dilakukannya,” kata Kovac. “Ketika Anda memberinya kepercayaan diri dan pengakuan yang diperlukan, maka Anda selalu bisa tampil baik dan tendangan bebasnya luar biasa.

“Kami berlatih tendangan bebas di latihan terakhir kami kemarin dan semua dia masuk dan dia juga berhasil hari ini.”

Sanches, 20, terpilih sebagai pemain muda terbaik di Euro 2016 saat Portugal memenangkan turnamen, sebelum Bayern mengalahkan Manchester United untuk mengontraknya dari Benfica dengan harga awal € 35 juta. Biaya transfer ini akhirnya bisa meningkat menjadi € 80m dengan add-ons.

Namun, Sanches hanya memulai enam pertandingan Bundesliga di bawah Carlo Ancelotti di musim debut 2016-17, gagal mencetak gol atau memberikan assist dalam 25 penampilan di semua kompetisi, sambil menyelesaikan 90 menit hanya pada satu kesempatan.

Sanches mengalami musim buruk lainnya dengan status pinjaman di klub Liga Premier Swansea City musim lalu, gagal mencetak gol atau memberikan bantuan dalam 15 penampilan. Dia tidak tampil sama sekali sejak akhir Januari setelah berjuang untuk mengatasi cedera hamstring.

Tapi Sanches telah mengambil keuntungan penuh dari kepercayaan Kovac dan membuat kesan instan dalam kemenangan pembukaan ICC Bayern.

“Anda harus ingat bahwa tidak mudah bagi seorang pemain yang datang dari negara asing, Anda tidak bisa hanya mengharapkan dia untuk membangun dirinya di lingkungan baru dalam waktu singkat,” kata Kovac kepada wartawan. “Saya mengenalnya dan tahu apa yang dia mampu. Dia tidak lupa bagaimana cara bermain sepakbola.

“Seperti dalam kehidupan sehari-hari, dalam sepakbola Anda membutuhkan pengakuan dan kepercayaan diri. Anda hanya mendapatkan hal-hal itu ketika Anda menerima dukungan. Ia bukan orang yang sulit, hanya orang biasa, tetapi ia membutuhkan kasih sayang dan dukungan dari semua kalangan, tidak hanya dari rekan tim atau staf pelatihnya tetapi dari seluruh klub.

“Ini sama dengan pemain asing, Anda harus memberi waktu pada pemain. Saya tidak berpikir waktu itu diberikan kepadanya dan sekarang dia punya waktu ini dari saya. Anda hanya harus memberi orang-orang yang datang dari tempat lain lebih lama daripada mereka mungkin perlu dalam bisnis ini. “